April 19, 2009

Membuat GIMP Pantas Menggantikan Photoshop

Posted by AHUN at 16:29

GIMP adalah salah satu aplikasi editor grafis favorit para desainer. Aplikasi ini memiliki tiga ciri utama yang membuat popularitasnya menanjak, yaitu freeware, opensource dan multi-platform (tersedia versi Windows, Mac dan Linux). Dilengkapi dengan fitur yang beraneka ragam, seperti ketersediaan plugin, filter, dan brush yang bertebaran di internet dari komunitas pendukung GIMP.

GIMP sampai saat ini belum menjadi aplikasi yang bisa menggantikan aplikasi populer semacam Photoshop, tapi dari hari-ke hari pengembangan dari versi GIMP selanjutnya lebih mendekati tampilan maupun fungsi dari Photoshop. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat desain grafis, membuat logo, mengedit foto dan juga membuat animasi sederhana (memakai plugin GAP (GIMP Animation Package). Tapi, tetap saja banyak orang yang tidak familiar dengan aplikasi opensource ini, cara penggunaan yang berbeda membuat banyak orang sulit beralih dari Photoshop yang berbayar dan mahal.

Di artikel ini akan dibahas delapan trik dan tips untuk membuat GIMP menjadi aplikasi yang lebih serius sehingga dapat menggantikan Photoshop. GIMP yang digunakan dengan trik ini menggunakan versi 2.6, tapi kemungkinaan besar bisa juga diaplikasikan untuk versi-versi selanjutnya.

Menginstal Plugin, Brush, dan Filter

Sebelumnya Anda mesti mengetahui bagaimana cara untuk menginstal add-ons. Caranya sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu. Pertama Anda harus menemukan lokasi di mana folder file GIMP disimpan. Lokasinya bergantung pada sistem operasi apa yang Anda gunakan:
  • Windows: folder terletak di C:/Programs/GIMP
  • Mac: klik kanan dan pilih application folder
  • Linux: tekan Ctrl + H dibagian folder Home untuk menampilkan folder .gimp yang tersembunyi.


Gimp File Browser.jpg


Untuk menginstal plugin, brush, atau filter, cukup salin dan paste ke dalam folder yang tepat dan restart GIMP.

1. Menambah Plugin PSPI

PSPI plugin memungkinkan GIMP untuk dapat menggunakan plugin Photoshop. Hal ini akan meningkatkan jumlah filter yang dapat dipakai oleh GIMP dan bagi pengguna Photoshop mereka bisa berpindah ke GIMP tanpa perlu meninggalkan daftar add-ons yang sudah mereka kumpulkan.

Gimp Photoshop Plug-in Settings.jpg


Untuk dapat menggunakannya pertama unduh plugin PSPI dari dari sini.

Di dalam folder program GIMP salin dan paste keseluruhan konten dari plugin PSPI yang telah diunduh ke dalam folder Plug-ins. Setelah itu restart GIMP dan buka menu filter. DI bagian paling bawah, Anda akan melihat sebuah pilihan baru, yaitu "Photopshop Filters Plug-In Settings." Pilih untuk membuat dialog box Photoshop, dan arahkan ke folder di mana lokasi kumpulan plugin Photoshop yang Anda simpan.

2. Menginstal Layer Styles

Layer Styles adalah fitur yang sangat penting bagi pengguna Photoshop, dan akan sangat sulit bagi pengguna untuk berpindah ke aplikasi sejenis tanpa adanya fitur tersebut. Di GIMP sebenarnya juga ada Layer Styles hanya saja sebutannya berbeda, di sini disebut Layer Effects dan sudah termasuk efek Drop Shadow, Inner Glow, Outer Glow, Gradient Overlay, Stroke, Bevel and Emboss, dan lain-lain. Dengannya Anda bisa dengan cepat menggunakan sebuah efek tertentu ke dalam layer tanpa memakan banyak usaha dan waktu.

Gimp Layer.jpg


Unduh Layer Effects untuk GIMP dari sini. Terdapat dua versi dari plugin tersebut, yaitu Script-Fu dan Python. Versi Python memungkinkan Anda untuk untuk dapat melihat perubahan dari efek yang dipakai berupa preview. Sedangkan Script-Fu tidak bisa. Tidak masalah versi mana yang akan Anda pilih, simpan saja plugin di folder Plug-in dan restart GIMP.

Jika Anda mengunduh versi Python, pilihan Layer Effects akan berada di Image > Layer > Layer Effects. Lalu untuk versi Script-Fu akan muncul di Script-Fu > Layer Effects.


0 comments on "Membuat GIMP Pantas Menggantikan Photoshop"

Post a Comment

mohon maaf, semua materi iklan diluar tanggung jawab My BLOG
 

MY BLOG . edited by AHUN RBG, Copyright 2009 Reflection Designed by Fresh Templates Image by Tadpole's Notez